HOME  »  About  »  Profile

BISNIS INDONESIA GROUP :

BERTRANSFORMASI UNTUK MEMBERIKAN SOLUSI MEDIA TERPADU (INTEGRATED MEDIA SOLUTIONS)


click to enlarge

Selama 35 tahun Bisnis Indonesia, harian bisnis dan ekonomi terbesar di Indonesia, telah melakukan transformasi tiada henti membentuk Bisnis Indonesia Group (BIG), yang merupakan integrasi dari dua lini usaha, BIGMEDIA dan BIGSERVICES, demi memenuhi kebutuhan para pelaku bisnis di Indonesia.

BIGMEDIA adalah kelompok usaha multimedia yang terdiri dari Bisnis Indonesia, Solopos dan Harian Jogja, yang terbit dan tayang dalam format media cetak, online, televisi dan radio.

BIGSERVICES adalah kelompok usaha yang melayani data services, cyber techno, event networks, media services, book publishing, dan printing networks.
Untuk lebih jelasnya mengenai Bisnis Indonesia Group dan unit-unit usahanya, silakan lihat profil kami dalam format:


Visi dan Misi


VISI

Menjadi perusahaan media informasi atau multimedia yang terpercaya dalam rangka ikut mencerdaskan bangsa.

MISI

Melakukan diversifikasi usaha multimedia, memberdayakan sumber daya manusia lebih optimal (competence base), menjaga dan mempertahankan kredibilitas usaha yang sehat (sound business), menghasilkan keuntungan yang wajar, serta memberikan manfaat bagi lingkungan dunia usaha.

Budaya Perusahaan


Milestone


1985

14 Desember 1985

Harian Bisnis Indonesia terbit pertama kali dengan 12 halaman. Edisi perdana menyajikan headline berita berjudul "Inggris abaikan kerjasama dengan OPEC soal harga."
1997

19 September 1997

Harian umum Solopos di bawah payung PT Aksara Solopos terbit perdana. Saat ini Solopos berkembang menjadi kelompok usaha sendiri yang mencakup antara lain percetakan PT Solo Grafika Utama (9 Juli 2002) dan PT Radio Solo Audio Utama yang mengelola Radio Solopos FM (12 April 2003).
2002

13 September 2002

PT Jurnalindo Aksara Grafika melebarkan sayap ke usaha percetakan melalui PT Aksara Grafika Pratama (AGP), yang berlokasi di Rawa Gelam, Pulogadung, Jakarta Timur.
2008

20 Mei 2008

Harian Jogja terbit perdana dengan slogan “Berbudaya Membangun Kemadirian” untuk memenuhi kebutuhan informasi bagi warga Daerah Istimewa Yogyakarta dan sekitarnya. Kini Harian Jogja juga mengelola harianjogja.com dan radio Star Jogja FM.
2010

08 Februari 2010

PT Aksara Grafika Surabaya, sebuah perusahaan percetakan berdiri di Surabaya, untuk melayani cetak jarak jauh bagi Bisnis Indonesia Group dan memenuhi kebutuhan akan percetakan.
2011

01 Februari 2011

PT Bisnis Indonesia Konsultama (BIK) didirikan untuk melayani berbagai perusahaan di Indonesia terkait dengan jasa riset pasar dan konsultasi bisnis.

27 September 2011

PT Bisnis Indonesia Sibertama (BIS) didirikan untuk memberikan solusi di bidang IT dan digital marketing.
2012

08 Oktober 2012

PT Bisnis Indonesia Gagas Kreasitama (BIGK) berdiri. Perusahaan ini melayani jasa penyelenggaraan berbagai event seperti seminar, diskusi, lokakarya, dan pelatihan serta penerbitan buku.

17 Oktober 2012

Percetakan PT Aksara Grafika Makassar (AGM) didirikan untuk memperkuat posisi pasar Harian Bisnis Indonesia di kawasan Timur Indonesia melalui cetak jarak jauh serta melayani pencetakan berbagai media lokal.

10 Desember 2012

PT Navigator Informasi Sibermedia (NIS) didirikan untuk secara khusus dan fokus mengelola bisnis.com dan kabar 24.com.

14 Desember 2012

Bisnis Indonesia melakukan penyegaran logo serta meng-improve slogan dari "Referensi Bisnis Terpercaya" menjadi "Navigasi Bisnis Terpercaya", yang bertujuan memperkokoh posisi di industri media massa.
2013

01 Maret 2013

Peluncuran televisi streaming Bisnis TV yang bisa diakses melalui www.bisnis.com.
2014

04 September 2014

Portal e-commerce BIGSTORE mulai beroperasi dengan menawarkan beragam produk digital dan layanan Bisnis Indonesia Group.

01 Oktober 2014

Percetakan PT Grafika Tema Baru berdiri

Board of Directors


Seiring dengan bangkit dan tumbuhnya perekonomian Indonesia di era 1980-an, informasi mengenai bisnis dan ekonomi pun sangat dibutuhkan oleh dunia usaha untuk menunjang bergulirnya roda bisnis dan perekonomian. Saat ini Bisnis Indonesia dipimpin oleh Lulu Terianto sebagai Presiden Direktur, Maria Yuliana Benyamin sebagai Direktur Pemberitaan & Produksi.


Lulu Terianto | Presiden Direktur

Lahir di Jakarta pada tanggal 27 November 1963. Menjabat sebagai Presiden Direktur Bisnis Indonesia (PT Jurnalindo Aksara Grafika) sejak tahun 2006 hingga sekarang. Selain di Bisnis Indonesia, saat ini juga menjabat sebagai Komisaris Independent di PT Metrodata Elektronics Tbk (sejak 2011), Komite Audit di PT Metropolitan Kencana Tbk dan PT Metropolitan Land Tbk (sejak 2010), serta Direktur di PT Jaya Jurnalindo Utama (sejak 2003). Mengawali karirnya di National Bank of New Zealand pada tahun 1984 dan bergabung dengan Bisnis Indonesia sejak tahun 1997 sebagai Direktur Keuangan dan Umum. Mendapatkan gelar Bachelor of Commerce & Administration (BCA) di Wellington New Zealand (1996) dan Magister Management (MM) di Universitas Pelita Harapan Jakarta (2002).

Hery Trianto | Direktur Pemasaran dan Penjualan

Lahir di Blitar, 7 Oktober 1976. Menyukai jurnalistik dari bangku SMA, membawa kariernya tak pernah jauh dari wartawan sejak kuliah di Jurusan Ilmu Komunikasi di Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, sebelum diterima di Bisnis Indonesia pada 2001 dengan spesialisasi liputan bidang perbankan. Pada 2016, menyelesaikan S2 Magister Management di PPM School Of Management. Di Grup Bisnis Indonesia, Hery mengambil berbagai peran dari Reporter, Editor, General Manager Marketing, Redaktur Pelaksana, Wakil Pemimpin Redaksi Harian Jogja hingga mendapatkan penugasan sebagai Pemimpin Redaksi Harian Bisnis Indonesia dan Bisnis.com ( 2017-2019 ). Sejak awal 2020, pemegang saham mengangkat Hery sebagai Direktur Pemasaran dan Penjualan.

Maria Y. Benyamin | Direktur Pemberitaan dan Produksi

Lahir di Bajawa (Flores), 13 Oktober 1982. Bergabung di Bisnis Indonesia selepas menamatkan Pendidikan S1 Jurusan Ilmu Politik di Universitas Nasional, Jakarta. Perjalanan jurnalistiknya dimulai sejak 2006 sebagai reporter magang. Passion yang tinggi di bidang ini membawanya setia menekuni profesi tersebut, dengan spesialisasi isu sektor riil, hingga akhirnya ditunjuk sebagai Pemimpin Redaksi Bisnis Indonesia & Bisnis.com sejak 1 Januari 2020. Mulai Desember 2021, oleh pemegang saham, juga dipercayakan untuk mengemban amanah sebagai Direktur Pemberitaan & Produksi. Saat ini, Maria tengah menempuh pendidikan S2 Magister Management di PPM School of Management.